Home Uncategorized Kejari Bengkulu Selatan Kembali Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Dana Kesra: 2 Ditahan,...

Kejari Bengkulu Selatan Kembali Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Dana Kesra: 2 Ditahan, 1 Meninggal Dunia

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Penyidik Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Selatan akhirnya menetapkan tersangka tambahan kasus korupsi jilid 2 dana Bagian Kesra Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan tahun 2015.

Ada 3 tersangka baru yang terseret dalam kasus ini. Yakni mantan Kasubag Kesejahteraan Sosial Masyarakat Bagian Kesra berinisial ES, mantan Kasubag Kemasyarakatan Bagian Kesra berinisial S, dan mantan Kasubag Pendidikan Keagamaan dan Kerohanian Bagian Kesra berinisial KJ.

“Tiga orang tersangka baru yang ditetapkan ini semuanya merupakan PPTK kegiatan di Sub Bagian masing-masing. Tapi dari tiga tersangka baru ini, hanya dua yang akan dilanjutkan proses hukumnya. Soalnya satu tersangka yakni KJ sudah meninggal dunia, sehingga proses hukum tidak diteruskan,” kata Kajari BS, Hendri Hanafi, MH dalam konfrensi pers, Kamis (17/11/2022).

Pasca ditetapkan sebagai tersangka, dua orang mantan pejabat eselon IV itu langsung dijebloskan ke penjara.

Keduanya ditahan penyidik di Rutan Klas II B Manna selama 20 hari kedepan sembari menunggu berkas dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bengkulu untuk disidangkan.

Dijelaskan Kajari, kedua tersangka melakukan peran masing-masing dalam mengelola anggaran di Bagian Kesra tahun 2015 lalu dengan berbagai kegiatan.

Seperti pengadaan atau pembelian Alquran. Dalam pengadaan Alquran, kedua tersangka melakukan mark up atau penggelembungan harga.

Begitu juga di kegiatan pemberian honor untuk petugas safari Ramadan yang tidak dibayarkan sesuai DPA atau jumlah anggaran yang tersedia.

“Kedua tersangka ini melakukan peran masing-masing dalam kegiatan dikelola hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp319 juta,” beber Kajari.

Untuk diketahui, penetapan kedua tersangka dalam kasus korupsi anggaran Bagian Kesra ini merupakan tindaklanjut putusan pengadilan Tipikor.

Sebelumnya sudah ada dua tersangka dalam kasus ini, yakni Heriyadi dan Nexke Yusita yang sudah divonis bersalah oleh pengadilan dan telah menjalani hukuman.

Jumlah anggaran di Bagian Kesra yang dikelola sebesar Rp2,2 miliar dan bersumber dari APBD BS tahun anggaran 2015. (yoh)

Previous articleJaksa dan Pegawai Kejari Bengkulu Selatan Bebas Narkoba
Next articleKAJARI AJAK KADES GUNAKAN ANGGARAN TEPAT SASARAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here